Menu

Minggu, 02 Juni 2013

'Israel Mungkin Serang Fasilitas Air Berat Arak''

http://islamtimes.org/images/docs/000270/n00270068-b.jpg

-Laporan itu juga mengklaim bahwa Israel, yang pernah membom lokasi konstruksi seperti itu di Timur Tengah sebelumnya, mungkin akan berusaha menghentikan pembangunan reaktor tersebut.

Reuters melaporkan bahwa Israel mungkin menyerang reaktor air berat Arak milik Iran sebelum reaktor itu benar-benar selesai.


Laporan itu menggambarkan peluang serangan Israel terhadap fasilitas Arak yang baru akan selesai tahun depan. Laporan itu juga  mengklaim bahwa Israel, yang pernah membom lokasi konstruksi seperti itu di Timur Tengah sebelumnya, mungkin akan berusaha menghentikan pembangunan reaktor tersebut.


Jadwal pembangunan pabrik penelitian air berat Arak itu telah diawasi dengan ketat. Ahli Israel dan Barat mengatakan, pihak penyerang mungkin akan memilih bertindak menghancurkannya sebelum pabrik itu benar-benar beroperasi demi  menghindari dampak  radioaktif.


"Republik Islam mengatakan akan membuat isotop untuk keperluan medis dan pertanian. Tapi analis mengatakan, jenis fasilitas seperti itu juga dapat menghasilkan plutonium untuk  senjata jika bahan bakar bekasnya diolah kembali, sesuatu yang diklaim Iran  tidak akan dilakukannya," lapor Reuters.


"Siapa pun yang mempertimbangkan akan menyerang reaktor aktif berarti ingin mengulangi Chernobyl yang lain," kata mantan kepala intelijen militer Israel, Amos Yadlin, mengacu pada kecelakaan reaktor Soviet tahun 1986  yang mengirimkan debu radioaktif ke sebagian besar wilayah Eropa.


"Dan tidak ada orang yang ingin melakukan itu," tegas Yadlin, yang merupakan  1 dari 8 pilot membom reaktor Osirak Irak tahun 1981. Reaktor itu masih dalam pembangunan dan Israel yakin, bahan bakar nuklirnya harus segera diledakkan demi menghindari dampak radiasi.


Israel telah menyerang sebuah situs di Suriah pada tahun 2007 dan Amerika Serikat mengklaim bahwa reaktor itu dibangun dengan bantuan Korea Utara. Tapi Suriah membantahnya.


Negara-negara Barat percaya reaktor Arak di Iran akan memberi 'cara lain' membuat senjata nuklir bagi Iran. Iran memperingatkan, jika Israel sampai menyerang reaktor itu maka Israel akan menanggung konsekuensi yang mengerikan.[IT/MN/NAT]

sumber:http://islamtimes.org

0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda
http://tusoh.blogspot.com/

0 komentar: